Monday, June 27, 2016

Let’s Move On

Let’s Move On
Oleh: Meydiana Rizky Amalia

           Selamat datang bulan yang istimewa, selamat datang bulan yang dinanti-nantikan oleh kaum muslimin. Ramadhan datang membangunkan semangat beribadah yang mulai layu. Ramadhan datang membawa perubahan. Tentunya bulan suci ini menambah semangat para pemuda untuk senantiasa berlomba-lomba berbuat kebaikkan.
Pemuda identik dengan semangat yang tinggi, kreativitas tanpa batas, dan pemimpin masa depan. Pemuda merupakan agen dari semua kebangkitan di dunia, di Indonesia pergerakkan dari bangsa ini diukir oleh semangat para pemuda bangsa. Sejarah Islam telah membuktikan bahwa pendukung-pendukung awal penyampaian risalah Islam ini oleh Rasulullah SAW, adalah para pemuda yang dengan tegar menjadi penyokong bagi penyampaian Risalah Islam.
Apa sih potensi pemuda? Menurut Hasan Al-Banna sosok pemuda tergambar pada QS Al-Kahfi Ayat 13
نَّحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَأَهُم بِالْحَقِّ ۚ إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ آمَنُوا بِرَبِّهِمْ وَزِدْنَاهُمْ هُدًى
Yang artinya: “Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk.”
Jadi potensi pemuda yang pertama adalah keimanan mereka, kemudian akhlak dan pendidikan mereka, serta semangat perjuangan mereka menghadapi segala tantangan yang ada. Hai para pemuda apakah kita sadar kita telah dijajah? Sudahkah kita menjadi pemuda yang diharapkan oleh Islam? Mari lihat sekitar kita, pemuda saat ini dalam kondisi kritis. Dimana pemuda banyak yang terjerumus pada dunia yang fana. Kasus narkoba oleh para pemuda lebih meningkat tajam dibandingkan dengan prestasi para pemuda, kasus tawuran hampir setiap saat dilakukan para pemuda bahkan mereka hamper tidak pernah melaksanakan diskusi-diskusi kecil. Identitas pemuda ‘agent of change’ sudah tergantikan dengan ‘agent of insurgent’. Lalu bagaimana dunia nanti jika pemudanya seperti demikian? Let’s move on guys!
Dibulan Ramadhan kali ini mari kita berbenah diri dan berubahlah menjadi yang lebih baik. Dibulan yang penuh ampunan ini mari kita manfaatkan untuk memohon ampun atas apa yang telah kita perbuat sebelumya. Ingatlah orangtua dan negara kita mengharapkan perubahan kita. Orangtua yang selalu membimbing kita dalam kebaikan karena kita adalah tanggung jawab mereka, setidaknya jangan mengecewakan mereka karena perbuatan kita, buat mereka bangga dengan apa yang telah kita lakukan. Cari ilmu sebanyak-banyaknya, cari pengalaman sebanyak-banyaknya, perbanyak diskusi ilmiah serta agama bersama kawan-kawan, ukir prestasi sebanyak mungkin, dan berpartisipasi pada kemajuan bangsa.

Tantangan perkembangan dunia yang sangat cepat harus dapat diantisipasi dengan perbaikan-perbaikan dalam pola hidup generasi muda Islam. Islam adalah agama yang mendukung kemajuan dan kemodernan. Rasululluah SAW telah menberikan dorongan bagi kita untuk mengikuti perkembangan zaman yang terjadi. Hadis Rasulullah: “kamulah semua yang lebih tahu tentang urusan keduniaanmu”. Hadis rasulullah yang lain: “siapa yang menghendaki kesuksesan didunia harus dengan ilmu, dan siapa yang menghendaki kesuksesan di akhirat harus dengan ilmu, dan siapa yang menghendaki keduanya harus dengan ilmu”. 

0 comments:

Post a Comment